Senin, 08 Juni 2015

KLASIFIKASI SISTEM MENURUT AKTIVITAS MANAJEMEN

KLASIFIKASI SISTEM MENURUT AKTIFITAS MANAJEMEN

1.Sistem informasi pengetahuan
Sistem Berbasis Pengetahuan diturunkan dari istilah knowledge based expert system. Sistem ini merupakan sistem yang menggunakan pengetahuan manusia yang telah disimpan dalam computer untuk menyelesaikan permasalahan yang memerlukan kepakaran seorang ahli (Buliali, dkk., 2007). Sistem Berbasis Pengetahuan atau Sistem Pakar merupakan salah satu cabang dari AI dimana dalam dunia komersial disebut dengan sistem yang dapat secara efektif dan efisien melaksanakan tugas yang tidak terlalu memerlukan pakar.Sistem Berbasis Pengetahuan dikenal juga dengan system penasihat, system pengetahuan, system bantuan kerja cerdas atau system operasional (Turban, dkk.,2005).
Sistem Berbasis Pengetahuan atau Sistem Pakar adalah program pemberiadvis/nasehat yang terkomputerisasi yang ditujukan untuk meniru proses reasoning (pertimbangan) dan pengetahuan dari pakar dalam menyelesaikan permasalahan masalah yang lebih spesifik (IrfanSubakti, 2006).
Sistem Pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia kekomputer, agar computer dapat menyelesaikan seperti yang biasa dilakukan olehpara ahli (Sri Kusumadewi, 2003).
Sistem Pakar dibuat pada wilayah pengetahuan tertentu untuk sesuatu kepakaran tertentu yang mendekat kemampuan manusia disalah satu bidang.Sistem Pakar mencoba mencari solusi yang memuaskan sebagaimana yang dilakukan seorang pakar.Selain itu Sistem Pakar juga dapat memberikan penjelasan terhadap langkah yang diambil dan memberikan alas an atas saran atau kesimpulan yang ditemukannya.Bidang ini digunakan lebih banyak daripada penggunaan bidang-bidang Kecerdasan Buatan  lainnya.Sistem Pakar menarik minat yang besar dalam suatu organisasi disebabkan kemampuannya dalam meningkatkan produktifitas dan dalam meningkatkan gugus kerja di berbagai bidang tertentu dimana pakar manusia akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan dan mempertahankan kemampuan itu.

Ada beberapa contoh Sistem Pakar yang pernah dibuat:
1.      MYCIN
Memberikan diagnose dan solusi pengobatan penyakit.
2.      MACSYMA
Menangani masalah matematika.
3.      DENDRAL
Mengidentifikasi struktur molecular campuran yang tidak dikenal.
4.      XCON&XSEL
Membantu konfigurasi 
sistem komputer besar.
5.      SOPHIE
Melakukan analisis sirkuit elektronik.
6.      Prospector
Membantu mencari dan menemukan deposit dalam geologi.
7.      FOLIO
Membantu memberikan keputusan bagi seorang manajer dalam hal stok broker dani nvestasi.
8.      DELTA
Pemeliharaan lokomotifdisel.
Sistem informasi yang mendukung aktivitas pekerja berpengetahuan.Sistems eperti ES dan OAS termasuk dalam katagori ini.
Contoh :Sistem otomasi perkantoran( office automation system atau OAS),akses internet terhadap praktek- praktek bisnis terbaik.


2. Sistem informasi operasional
Berurusan dengan operasi organisasi sehari-hari, seperti penempatan pesanan embelian dan pencatatan jumlah jam kerja pegawai. TPS, SIM, dan DSS sederhana termasuk kedalam jenis system informasi ini.
Contoh : penenmpatan pesanan pembelian dan pencatatan jumlah jam kerja pegawai.
3. Sistem informasi manajerial
Sistem informasi manajerial atau disebut juga system informasi taktis adalah system informasi yang menunjang kegiatan-kegiatan yang bersifat manajerial.



Contoh :
- Ringkasan statistic
-laporan perkecualian
-laporan periodis dan laporan yang dibutuhkan sewaktu waktu
-analisis perbandingan
-proyeksi
-pendeteksian
-Keputusan-keputusan rutin
-Hubungan antar manajemen           
4.Sistem informasi strategis
Sistemi nformasi yang digunakan untuk menangani masalah-masalah strategis dalam organisasi.Sistem ini sangat bermanfaat untuk mendukung operasi dan proses-proses manajemen yang menyediakan jasa dan produk strategis untuk menuju kekeunggulan yang kompetitif.
Contoh :penyediaan jasa dan produk strategis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar